Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Menyalakan Data
Edukasi
Sedang memuat...

Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Menyalakan Data

Cara Agar Pulsa Tidak Tersedot Saat Menyalakan Data

Sahabat Digital, siapa yang tidak menggunakan internet di era Digital ini? Setiap ada urusan apa saja, seperti belanja, mencari informasi, hingga untuk bermain game, kita pasti tidak lepas dari koneksi internet. Namun, bagaimana jika uang Pulsa kita habis dengan cepat hanya karena kita menyalakan data internet dengan kurang bijak?

Banyak orang yang mengalami hal demikian. Padahal, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar Pulsa kita tidak terus dipotong setiap kali kita menyalakan data internet. Berikut ini adalah beberapa cara agar Pulsa tidak tersedot saat menyalakan data internet:

1. Gunakan Jaringan WiFi

Jika kita memiliki koneksi WiFi di rumah atau tempat kerja kita, maka sebaiknya kita menggunakan jaringan tersebut. Kita bisa mengatur pengaturan smartphone atau laptop kita agar jaringan WiFi menjadi prioritas utama untuk koneksi internet kita. Dengan begitu, kita bisa menghemat Pulsa agar tidak cepat terpotong saat menggunakan internet.

2. Matikan Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Beberapa Aplikasi di smartphone kita biasanya berjalan di belakang layar, tanpa kita sadari. Hal ini bisa menghabiskan kuota dan Pulsa kita tidak terkendali. Oleh karena itu, sebaiknya kita mematikan Aplikasi-Aplikasi yang tidak sedang kita gunakan. Dengan begitu, kita juga bisa menghemat kuota dan Pulsa.

3. Mengaktifkan Penghemat Kuota

Teknologi sudah semakin maju, dan kini kita bisa mengaktifkan penghemat kuota di smartphone kita. Hal ini akan membantu kita untuk mengurangi penggunaan kuota dan Pulsa. Penghemat kuota biasanya tersedia di pengaturan sistem smartphone kita dan dapat digunakan dengan sangat mudah.

4. Gunakan Kuota Malam Hari

Bagi kamu yang menggunakan kuota internet dengan harga yang mahal, hal ini bisa menjadi alternatif bagi kamu untuk tetap bisa online tanpa khawatir Pulsa kamu cepat terpotong di siang hari. Biasanya, operator seluler menyediakan paket kuota malam hari dengan harga yang lebih murah. Jadi, kamu bisa menghemat pengeluaranmu sekaligus tidak merasakan khawatir kehabisan Pulsa.

5. Matikan Fitur Lokasi

Fitur lokasi adalah salah satu fitur yang memakan banyak kuota dan Pulsa kita. Kebanyakan Aplikasi menggunakan fitur ini untuk memudahkan layanan mereka. Namun, jika kita tidak sedang membutuhkan fitur ini, sebaiknya kita mematikannya. Kita bisa menemukan pengaturan lokasi di menu pengaturan smartphone kita.

6. Bengkokkan Gadgetmu Saat Sedang Mencari Sinyal

Saat jaringan di smartphone kamu lemah, kamu bisa memposisikan ponselmu di atas kertas atau di tempat yang lemari. Pada posisi ini memungkinkan sinyal yang ada di sekitarmu terkumpul dan mengakumulasi. Sehingga kamu bisa mendapatkan sinyal dengan lebih stabil dan tidak cepat terputus. Sehingga, tak akan memakan banyak Pulsa kamu.

7. Atur Perangkat Sebagai Mode Hemat Daya

Menyalakan mode yang menghemat daya pada smartphone atau tablet bisa membantu kamu untuk menghemat Pulsa sekaligus baterai. Saat terbersit keinginan untuk berhemat, mematikan fitur yang tidak perlu serta menghidupkan mode hemat daya memungkinkan perangkatmu tahan lebih lama agar tak khawatir cepat kehabisan Pulsa dan baterai.

8. Gunakan Paket Data Sesuai Kebutuhan

Setiap provider seluler biasanya menyediakan paket data dengan berbagai pilihan, mulai dari paket data dengan harga yang murah hingga dengan harga yang terbilang cukup mahal. Nah, jika kamu ingin menghemat Pulsa, sebaiknya kamu gunakan paket data yang sesuai dengan kebutuhanmu saja. Jangan menggunakan paket data yang lebih besar dari kebutuhan, karena hal ini bisa menyedot banyak Pulsa.

9. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Selain mematikan Aplikasi yang tidak sedang digunakan, sebaiknya kamu juga menghapus Aplikasi yang tidak kamu gunakan. Aplikasi yang tidak digunakan biasanya akan membawa dampak buruk, seperti menghabiskan banyak Pulsa dan memperlambat kinerja smartphone kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita menghapus Aplikasi yang tidak diperlukan di smartphone kita agar menjadikan diri dan penggunaan data internet kita lebih ringkas dan efisien.

10. Hentikan Layanan SMS dan Panggilan

Jika kamu kurang membutuhkan layanan SMS atau panggilan dari provider seluler kamu, sebaiknya kamu berhenti berlangganan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat Pulsa kamu. Hal ini juga bisa menjadi solusi hemat bagi kamu yang suka melakukan panggilan atau mengirim SMS ke banyak orang, sehingga tak habis Pulsa dengan cepat.

11. Menggunakan Aplikasi Khusus Penghemat Kuota

Teknologi juga memungkinkan kita untuk menggunakan Aplikasi khusus penghemat kuota dan Pulsa internet. Ada banyak Aplikasi tersebut, misalnya saja Opera Max atau Onavo Protect. Aplikasi-Aplikasi tersebut memungkinkan penggunaan data lebih hemat, dan membuat smartphone kita tetap berjalan dengan lancar.

12. Aktifkan Mode Pesawat Saat Tidak Digunakan

Jangan lupa untuk mengaktifkan mode pesawat pada smartphone kamu saat kamu tidak sedang menggunakannya. Mode pesawat ini tidak hanya membantu kamu menghemat Pulsa, tetapi juga memperpanjang umur baterai smartphone atau tablet kamu. Selain itu, apa bila kamu mematikan smartphone pada saat tidak digunakan, maka biarkan juga smartphone mematikan Aplikasi yang masih berjalan

13. Jangan Streaming Video Saat Sedang Berjalan

Jika kamu sedang bepergian sambil menonton video seperti di youtube, hal ini akan memakan banyak data internet dan menghabiskan Pulsa kamu. Sebaiknya, gunakan saja layanan download video agar kamu bisa menontonnya di waktu luang yang lain tanpa harus menggunakan kuota data dan memakan Pulsa.

14. Hapus Cache Perangkat

Cache perangkat juga mempengaruhi kinerja perangkat dan sekaligus mempengaruhi pemakaian data internet dan Pulsa kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita menghapus cache pada perangkat kita secara rutin. Kita bisa melakukan hal ini di menu pengaturan perangkat kita.

15. Aktifkan Mode Hemat Data

Bagi kamu yang tidak ingin mengaktifkan mode hemat daya pada smartphone kamu, kamu bisa mengatur penggunaan data kamu melalui mode hemat data. Mode ini memungkinkan kamu mengatur konsumsi data di beberapa Aplikasi dan memberikan kamu kesempatan untuk membatasi pemakaian data internet. Oleh karena itu, kamu bisa menghemat Pulsa kamu sekaligus menikmati koneksi internet yang tidak lemot.

16. Batasi Penggunaan yang Tidak Perlu

Saat kamu merasa kuota data internet kamu akan segera habis, sebaiknya kamu membatasi penggunaan internet kamu. Batasi kegiatan yang tidak perlu seperti bermain game atau browsing secara terus menerus, agar kamu bisa menggunakan kuota dan Pulsa dengan lebih efisien.

17. Jangan Buka Situs yang Terblokir

Menjelajahi situs yang memang terblokir pada operator seluler memakan sumber daya internet yang lebih banyak, dan memakan Pulsa yang tak sedikit. Karena itu, sebaiknya kita menghindari untuk membuka situs-situs yang terblokir atau membuka video yang tidak terlalu penting agar kamu bisa lebih jeli dalam mengambil keputusan dalam pemakaian data kamu.

18. Matikan DropBox, Google Drive, dan Aplikasi Sinkronisasi Lainnya

Dropbox, Google Drive, dan beberapa Aplikasi sinkronisasi lain biasanya berjalan secara terus-menerus bahkan meskipun kita sedang tidak membuka Aplikasi tersebut. Fitur ini menghabiskan kuota internet dan Pulsa yang kamu miliki. Jika kamu menganggap Aplikasi tersebut bukanlah kebutuhan yang bersifat mendesak, sebaiknya kamu mematikannya. Hal ini akan membantu kamu menghemat kuota internet dan Pulsa kamu.

19. Gunakan Paket Kuota Unlock YouTube dan Video Lain

Jika kamu suka menonton video di YouTube, sebaiknya kamu menggunakan paket kuota YouTube dari operator seluler kamu. Paket ini biasanya menawarkan kuota internet yang lebih murah dan lebih mudah digunakan di YouTube. Hal ini akan membantu kamu menghemat kuota dan Pulsa kamu.

20. Gunakan Paket Kuota yang Sesuai dengan Kebutuhan

Selalu pertimbangkan seberapa banyak kebutuhanmu menggunakan data internet untuk berbagai aktivitas. Paket kuota data yang terlalu kecil apabila kebutuhanmu sangat besar, bisa jadi cukup merugikanmu di kemudian hari karena kamu harus menambah kuota yang memakan biaya tambahan. Sedangkan paket yang terlalu lebar, justru membawa banyak ribet untuk kuota atau paket besar yang pendek. Oleh karena itu, memiliki paket yang tepat bagi kamu, menurut kebutuhanmu, bisa sangat membantu dalam menghemat Pulsa dan efisien dengan kuota yang kamu miliki.

Kesimpulan

Menghemat Pulsa saat menggunakan data internet memang sangat penting bagi kita semua. Ada begitu banyak cara yang bisa kita lakukan agar Pulsa kita tidak terus dipotong setiap kali kita menyalakan data internet. Beberapa cara tersebut bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kita. Hal terpenting adalah kita harus bijak dalam menggunakan data internet dan Pulsa kita. Dengan begitu, kita bisa menikmati koneksi internet yang lebih efisien dan tentunya menghemat Pulsa kita di sisa bulan.

Sampai jumpa dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Digital.

DIGITAL-PULSA

Just Info !!!
Transaksi Akan Lebih Mudah dan Hemat Bebas Biaya dengan Menggunakan Aplikasi Android.

Silahkan download Aplikasi Android Digital Pulsa dengan meng Klik Tombol Dibawah ini :

Download


staff digital pulsa
OK, SAYA DAFTAR !!!